Apa Itu Mesin EDC

Dalam kegiatan berbisnis, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dalam masalah pembayaran. Selain mesin kasir, sejak lama, para pebisnis, termasuk UMKM dan Ritel sudah menggunakan mesin EDC. Nah, sudahkah kamu mengetahui apa itu mesin EDC dan kegunaannya untuk bisnis? Yuk cari tahu melalui ulasan berikut!

Pengertian Mesin EDC

Pertama-tama, mari cari tahu dulu apa arti kata EDC. EDC adalah singkatan dari Electronic Data Capture. Mesin EDC adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengambilan data elektronik. Dalam hal ini tujuannya untuk menerima pembayaran secara elektronik melalui kartu debit atau kredit. Mesin EDC dikeluarkan oleh bank dan secara otomatis terhubung ke server bank. Dengan cara ini, mesin dapat menghubungkan rekening antar bank.

Jadi jika mesin EDC berasal dari bank yang berbeda dengan kartu Anda, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan kartu debit atau kredit. Secara umum, hal-hal yang membentuk mesin EDC adalah komponen GUI atau antarmuka pengguna grafis untuk memasukkan data, komponen validasi sebagai sumber untuk memeriksa data, dan alat pelaporan untuk mendukung analisis data yang dikumpulkan.

Apa Itu Mesin EDC

Jenis EDC

Walaupun memiliki bentuk dan warna yang tampak sama, nyatanya mesin EDC terbagi menjadi 3 jenis, yaitu EDC GPRS Mobile, Mesin EDC Fixed Line, dan Mesin EDC GPRS. Nah, berikut ini perbedaan ketiganya:

Mesin EDC GPRS Mobile

Yang pertama adalah GPRS mobile. Pengoperasiannya menggunakan sinyal seluler dan menggunakan baterai, sehingga tidak harus selalu terhubung ke stopkontak. Mesin ini berukuran kecil, ringan dan mudah dibawa. Karena ukurannya, mesin ini cocok untuk bisnis yang sering membuka booth di acara-acara besar.

Mesin EDC Fixed Line

Yang terakhir adalah jenis saluran tetap yang berfungsi baik dengan saluran telepon rumah. Oleh karena itu, mesin tersebut harus selalu terhubung dengan kabel internet agar proses transaksi dapat berjalan dengan sukses. Jenis mesin ini paling sering digunakan oleh para pebisnis. Pasalnya, sinyal juga lebih stabil karena adanya koneksi line telepon.

Mesin EDC GPRS

Mesin jenis ini beroperasi menggunakan sinyal seluler GPRS dan arus listrik. Oleh karena itu, mesin jenis ini harus selalu dicolokkan ke kontak stok. Untuk bisnis yang umumnya tidak perlu berpindah-pindah, mesin ini sangat simpel dan praktis untuk digunakan. Namun, karena ini bukan ponsel, Anda benar-benar tidak dapat dengan mudah membawanya ke mana pun.

Kegunaan Mesin EDC dalam Membangun Bisnis

1. Mempercepat Transaksi

Fungsi pertama adalah untuk mempercepat transaksi. Dengan menggunakan mesin EDC, kasir tidak perlu membuang waktu untuk menghitung uang dari pelanggan dan menghitung kembalian. Sehingga mempercepat transaksi dan menghemat waktu.

2. Bisnis Dinilai Lebih Maju dari Kompetitor

Fitur ini bisa dilihat dari review konsumen. Konsumen cenderung menganggap bisnis yang menggunakan mesin EDC lebih maju karena mempermudah proses transaksi. Bayangkan saja, jika seorang konsumen membeli produk senilai jutaan rupiah, ia akan lebih memilih penjual yang menawarkan mesin EDC karena tidak perlu repot membawa banyak uang tunai.

3. Membantu Meningkatkan Penjualan

Kenyamanan bertransaksi dengan mesin EDC menghilangkan kebutuhan konsumen untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar. Risiko uang hilang atau dicuri juga berkurang. Dengan begitu, seseorang akan lebih nyaman memegang kartu untuk membeli suatu produk. Bayar dengan mudah hanya dengan satu ketukan, bahkan dalam pembelian massal tanpa ragu-ragu.

4. Penjual Tidak Perlu Bertransaksi dengan Banyak Uang Tunai

Berdagang dengan mesin EDC dapat membantu Anda untuk tidak memberikan terlalu banyak uang. Dengan cara ini, Anda tidak perlu pergi ke bank atau ATM setiap hari untuk melakukan setoran tunai harian.

5. Transaksi Keuangan Lebih Mudah Dikontrol

Transaksi menggunakan mesin EDC otomatis tercatat di rekening pemilik usaha. Oleh karena itu, pemilik bisnis dapat dengan mudah mengontrol dan menilai jika terjadi transaksi mencurigakan.

6. Pembukuan Jadi Semakin Mudah

Keuntungan menggunakan mesin EDC adalah kemampuan untuk memeriksa transaksi dengan lebih mudah setiap hari. Jadi, jika Anda ingin memeriksa kapan saja pada hari tertentu, program penagihan akan muncul secara otomatis berdasarkan tanggal dan tanggal yang Anda pilih.

7. Menghindari Kecurangan Karyawan

Bahkan, kita harus mempercayai karyawan kita. Namun, Anda tetap harus mewaspadai penipuan karyawan. Dengan menggunakan mesin EDC, Anda dapat melihat semua transaksi setiap hari karena semua transaksi dicatat secara otomatis oleh sistem.

Nah itulah pengertian mesin EDC dan kegunaan atau manfaatnya dalam transaksi bisnis. Semoga bermanfaat