contoh cv menarik di bikincv

CV atau curriculum vitae adalah salah satu berkas persyaratan lamaran kerja yang harus kamu persiapkan saat ingin apply lowongan kerja. CV juga menjadi salah satu pertimbangan HRD untuk memanggil job seeker ke tahapan berikutnya atau tidak. Untuk itu, kamu perlu mengamati contoh CV menarik, kemudian tiru dan modifikasi sesuai dengan profil diri.

Contoh CV yang Baik Menggunakan Bahasa Indonesia

CV yang baik adalah CV yang mengandalkan satu lembar halaman saja, namun memuat berbagai aspek penting berikut!

1. Menyertakan Data Diri Secukupnya

Curriculum vitae adalah informasi penting terkait diri kamu yang perlu diketahui oleh HRD. Jadi, pastikan hanya mencantumkan informasi penting saja dalam CV kamu. Apa saja hal penting tersebut? Ada nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan email aktif, hingga alamat domisili. Tambahkan agama dan tinggi badan jika dalam informasi lowongan pekerjaan terdapat syarat spesifik tersebut.

2. Mencantumkan Skill yang Sesuai

Kamu tentu memiliki banyak skill, baik itu soft skill maupun hard skill. Nah, kamu bisa mencantumkan kedua jenis skill tersebut secara spesifik. Namun, pastikan skill tersebut memang relevan dengan job requirement pada posisi yang kamu lamar. Dalam menulis skill ini, pastikan kamu mengutamakan hard skill yang paling kamu kuasai.

Contoh hard skill yang bisa kamu tuliskan untuk lowongan bagian admin, misalnya menguasai Microsoft Excel dan Microsoft Word. Kemudian bisa membuat laporan administrasi, menggunakan sistem informasi tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan admin. Sementara untuk soft skill, kamu bisa mencantumkan bahwa kamu bisa public speakingdan lainnya.

3. Memasukkan Pengalaman Kerja dan Pengalaman Organisasi yang Sesuai

Sekalipun kamu memiliki banyak pengalaman kerja dan pengalaman organisasi, ada baiknya tinjau kembali semua pengalaman kerja tersebut. Sebaiknya cantumkan pengalaman kerja yang paling baru atau belum lama dilakukan. Kemudian, pastikan pengalaman yang kamu miliki berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Mencantumkan seluruh pengalaman kerja akan membuat CV kamu terlalu panjang, karena kamu perlu menyebutkan seluruh tugas yang dilakukan secara spesifik. Akhirnya justru membuat HRD malas membaca CV kamu hingga selesai.

contoh cv yang baik mencantumkan pengalaman kerja

4. Menyertakan Portofolio Karya

Apabila kamu ingin lebih unggul dibandingkan pelamar lainnya, maka kamu bisa menambahkan file portofolio dalam CV-mu. Portofolio adalah bukti hasil karya yang selama ini sudah kamu kerjakan. Portofolio akan membantu menyakinkan HRD untuk memilihmu. Pastikan kamu menonjolkan semua kelebihan yang sesuai posisi yang dilamar dalam portofolio. Sebab, portofolio programmer dan tukang desain pasti berbeda

5. Menggunakan Font yang Mudah Dibaca

Font atau jenis huruf komputer tentu ada banyak yang bisa kamu pilih. Namun, tidak semua font cocok untuk penulisan cover letter dan curriculum vitae. Ketika membuat CV dalam bahasa apa pun, termasuk bahasa Indonesia, maka pilihlah yang jenis fontnya mudah dibaca, ukurannya cukup. Misal times new roman ukuran 11 hingga 12. Bisa juga jika ingin lebih menarik namun rapi, kamu menggunakan Arial. Font dan ukuran yang sesuai akan membuat HRD mudah dalam membaca CV kamu.

6. Membuat CV yang Unik dan ATS Friendly

Saat ini, selain memilih desain template CV yang desainnya unik serta menarik, pastikan desain CV kamu juga sudah ATS friendly. Sebab, kini banyak perusahaan yang menggunakan software ATS dalam melakukan screening CV pelamar. Keunikan dan kerapian CV akan menjadi nilai tambah penilaian HRD dan memperbesar peluang CV kamu dilirik. Mengingat setiap harinya HRD menerima banyak CV pelamar.

Jika kamu masih bingung dengan pembuatan contoh CV menggunakan 6 point di atas, maka kamu bisa mencoba mencoba membuat CV di BikinCV.

BikinCV adalah platform pembuatan CV secara online dan gratis. Kamu hanya perlu memasukkan data, seperti daftar riwayat hidup, memilih template design yang sudah tersedia, dan checkout. Curriculum Vitae bisa diunduh melalui dashboard pengguna dalam waktu 5 menit saja. Nah, tunggu apalagi? Lets go cobain membuat CV menarik di BikinCV.