kuliah entrepreneurship di bandung

Apakah kamu saat ini merupakan siswa siswi di jenjang akhir SMA atau SMK dan sedang mencari kampus unggulan di Bandung? Jika iya, pilihlah BINUS @Bandung. Kenapa? Karena ada jurusan Creativepreneurship di BINUS @Bandung. Apa itu jurusan creativepreneurship? Jurusan Creativepreneurship merupakan jurusan kuliah yang cocok untuk mengembangkan kreativitas seseorang untuk memenuhi kebutuhan industri di masa mendatang. 

Menurut saya, di era teknologi saat ini, creativepreneur menjadi sosok yang sangat dibutuhkan. Namun, untuk menjadi seorang creativepreneur tentu saja tidak mudah. Karena seorang creativepreneur dituntut untuk selalu berkembang dan berinovasi. Untuk itu dibutuhkan tempat untuk belajar yang terbaik, yakni dengan kuliah di jurusan Creativepreneurship yang ada di BINUS @Bandung. 

Kira-kira apa yang akan dipelajari ketika perkuliahan dan bagaimana prospek lulusannya? Nah, bagi kamu yang mulai tertarik dengan jurusan ini dan merasa penasaran, di bawah ini akan diulas semua yang saya ketahui dari jurusan Creativepreneurship yang ada di BINUS @Bandung. Yuk baca sampai selesai! 

kelebihan kuliah di binus bandung

Apa yang Dimaksud dengan Creativepreneurship

Creativepreneurship terdiri dari dua kata yakni ‘creative’ atau kreatif dan ‘entrepreneurship’ yang memiliki arti kewirausahaan. Jadi bisa dikatakan jika creativepreneurship adalah suatu kemampuan untuk menciptakan kewirausahaan yang kreatif. Nah, orang yang mempelajarinya disebut creativepreneur. 

Apa bedanya dengan entrepreneur? Fakta yang harus kamu ketahui, yaitu creativepreneur adalah bagian dari entrepreneur. Nah, seorang creativepreneur sudah pasti seorang entrepreneur, namun seorang entrepreneur belum tentu creativepreneur. 

Seorang entrepreneur lebih fokus pada pengembangan bisnis yang berdasarkan dari dasar-dasar kewirausahaan seperti marketing dan pengelolaan keuangan. Creativepreneur  juga memiliki hal tersebut, namun mereka lebih mengandalkan dirinya dalam hal kreatifitas serta imajinasi dalam membuat produk agar bisa berguna serta memiliki nilai seni dan keindahan yang cukup unik. 

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang creativepreneur, kamu harus mulai melakukan pengembangan beberapa aspek dalam dirimu agar kamu berhasil mewujudkan impian menjadi seorang pebisnis kreatif yang berinovasi dan terus berkembang. Beberapa aspek yang perlu dikembangkan antara lain: berimajinasi dan berinovasi, berjiwa kompetitif, tidak takut dengan risiko, berani menghadapi kritik, serta jujur. 

Nah, untuk memunculkan semua aspek tersebut tentu tidak mudah dan tidak datang begitu saja melainkan lewat proses belajar yang mendalam. Salah satu caranya tentu dengan menjadi mahasiswa jurusan creativepreneurship.

jurusan creativepreneurship di binus bandung rincian program

Apa yang Dipelajari di Jurusan Creativepreneurship

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah di BINUS @Bandung jurusan creativepreneurship, maka kamu harus siap dengan berbagai hal yang akan dipelajari di sini. Berikut beberapa keahlian yang akan dipelajari selama masa kuliah di jurusan creativepreneurship:

  1. Kemampuan untuk menganalisis persaingan
  2. Kemampuan berbahasa asing
  3. Kemampuan untuk mengatur waktu
  4. Kemampuan untuk menganalisis pasar
  5. Kemampuan untuk mengambil keputusan
  6. Kemampuan untuk menganalisa risiko serta cara mengatasinya
  7. Keahlian manajerial

Mungkin bagi kamu, beberapa hal di atas nampak rumit, namun tenang saja, setiap pembelajaran di BINUS @Bandung akan dikemas semenarik mungkin sehingga proses transfer ilmu bisa berjalan dengan baik. 

Nah, demi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar, setahu saya ada beberapa teknik pembelajaran kreatif yang digunakan di kampus BINUS @Bandung. Di antaranya experiential learning, investor pitch, entrepreneurship living laboratory, komersialisasi, market testing, dan mentoring flipped classroom.  

Berbagai teknik pembelajaran tersebut sengaja dikembangkan guna menghasilkan lulusan dengan keterampilan yang handal, pengetahuan yang luas, serta memiliki jiwa kreatif dan inovatif. 

Kurikulum Pembelajaran Jurusan Creativepreneurship

Kegiatan pembelajaran tentu tak lepas dari kurikulum. Lantas bagaimana kurikulum yang ada di BINUS @Bandung? Perlu diketahui, BINUS @Bandung telah menerapkan kurikulum berstandar Internasional sehingga semua materi yang diajarkan di kampus ini jelas akan diajarkan pula di kampus luar negeri. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi para calon mahasiswa. Khususnya mengingat adanya persaingan global yang mengharuskan kita untuk bisa lebih bersaing. 

Selain itu jika dilihat dari sisi pembelajarannya, pembelajaran yang ada di BINUS @Bandung tidak stagnan. Pembelajaran terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan bisnis yang kian kekinian. 

Seperti yang kita ketahui, pesatnya perkembangan bisnis sama dengan pesatnya perkembangan teknologi sehingga ketika kita telat sedikit saja maka kita bisa kehilangan banyak peluang yang berakibat pada bisnis yang tak berkembang atau bahkan pailit. 

BINUS @Bandung tahu hal ini dengan baik, oleh karena demi menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di masa mendatang, BINUS pun selalu berkembang. 

Prospek karir jurusan Creativepreneurship

Setiap mahasiswa yang kuliah di jurusan creativepreneurship akan mendapatkan mata kuliah yang sama. Mereka tentu dibekali dengan berbagai ilmu teori serta praktik yang akan bermanfaat di dunia kerja. 

Adapun beberapa prospek karir dari jurusan creativepreneurship antara lain: Business Innovator, E-commerce Specialist, Technopreneur, Sociopreneur, Intrapreneur, Business consultant, Business leader, Cyberpreneur, Venture capitalist, Business analyst, Business facilitator dan sebagainya. 

Itulah sedikit ulasan dariku. Apakah kamu tertarik dengan jurusan Creativepreneurship? Jika iya kamu bisa kuliah di BINUS @Bandung.