Mempunyai kendaraan bermotor, seperti motor matic, artinya kita harus siap untuk merawatnya juga. Ya, merawat motor matic sebagai tunggangan sehari-hari sangatlah penting karena mempengaruhi performa dan usia (waktu pemakaian yang lebih tahan lama) dari motornya.

Tentunya motor matic terdiri atas banyak komponen yang terpasang. Nah, beberapa komponen rentan akan kerusakan apabila tidak dirawat secara berkala. Berikut beberapa komponen yang harus diservis atau diperiksa secara berkala.

Komponen Motor Matic yang Harus Dicek Secara Berkala

1. Ban

Meski tidak mempengaruhi kinerja mesin pada motor matic, nyatanya ban harus dicek dan diganti secara berkala. Kenapa? Karena ban yang sudah gundul atau aus tentunya bisa memperbesar risiko terjadinya kecelakaan. Misalnya tergelincir atau pecah ban saat sedang berkendara. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan pattern dan tekstur ban motormu. Setidaknya gantilah ban motor setiap tiga tahun sekali atau batas maksimal berkendara 40ribu km.

2. Oli Mesin dan Oli Gardan

Oli mesin adalah salah satu komponen motor matic yang wajib diganti berkala. Mengingat fungsinya yang sangat penting sebagai pelumas, pendingin, serta pelindung mesin. Selain oli mesin, oli motor matic juga ada oli gardannya. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kedua jenis oli motor matic ini?

Untuk mengganti oli mesin, kamu bisa memeriksa kekentalan oli sesuai spesifikasi motor matic. Kamu bisa melakukan penggantian oli setiap menempuh jarak 2.000 km sekali. Akan lebih baik jika diganti setiap bulan.

Berbicara tentang oli mesin, sejak beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian hingga 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini terjadi karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Dengan begitu menjadi wajar apabila retailer akhirnya mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

oli motor matic harus diganti secara rutin

Bagaimana dengan oli gardan? Mengingat fungsinya untuk melumasi gear di Continuously Variable Transmission (CVT), oli gardan juga harus diganti secara berkala. Kapan waktunya? Waktu penggantiannya bisa menggunakkan rumus 2x ganti oli mesin dibarengi 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi merupakan komponen utama pengapian motor matic yang bertugas memercikan api atau melakukan pembakaran. Pabrikan motor menyarankan untuk mengganti busi setelah menempuh total perjalanan 20.000 km hingga 50.000 km.

4. Aki

Aki atau baterai pada motor matic ini tentunya berperan mengatur kelistrikan. Jika aki bermasalah dan tidak segera diganti, akibatnya bisa fatal, seperti mogok di perjalanan. Untuk pemakaian normal, aki motor matic bisa bertahan 3 hingga 4 tahun. Apalagi jika kamu menggunakan aki basah. Jangan lupa untuk memastikan airnya selalu stabil.

5. Lampu

Lampu menjadi komponen yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. Pasalnya kalau lampu sein tidak berfungsi, kamu akan kesulitan jika ingin berbelok atau menyalip. Apalagi jika lampu utama yang mati, berkendara di malam hari menjadi sangat berisiko. Pastikan untuk mengganti lampu setiap 1,5 hingga 2 tahun sekali.

6. Kampas Rem

Rem menjadi salah satu komponen penting dalam berkendara. Nah, kalau kampas rem sudah lama tidak diganti, ini akan mempengaruhi kinerja motor matic dan bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Jadi, jangan lupa cek kampas rem secara berkala.

7. Filter

Apabila terjadi masalah pada filter motor matic, maka ini dapat merusak motor secara perlahan. Filter ini ada bermacam-macam, yaitu filter udara, filter oli, filter bahan bakar, dan filter pendingin kabin kendaraan. Usia pakai filter rata-rata pendek. Biasanya harus diganti jika motor matic kamu sudah mencapai 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan 50.000 km.

8. Van Belt atau V-Belt

Van belt atau v-belt termasuk komponen motor matic yang harus diganti secara berkala karena berhubungaj dengan sistem transmisi pada motor matic. Umumnya kamu harus mengganti van belt setelah menempuh perjalanan 25.000 km.

manfaat tune up motor

9. Melakukan Servis Motor Tune up Secara Berkala

Service motor tune up adalah servis rutin meliputi pemeriksaan seluruh komponen yang berkaitan dengan performa motor matic. Pemeriksaan ini umumnya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, hingga klakson.

Terkadang tune up bisa disertai dengan penggantian oli mesin, oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi kamu tidak perlu khawatir, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, barulah mekanik akan melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Supaya bisa mendapatkan servis yang maksimal, tentunya kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus dan terpercaya, bukan? Nah, salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan adalah Planet Ban. Di sini kamu bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Eh gimana itu maksudnya?

Jadi, servis motor rasa baru di Planet Ban dikenal juga sebagai sistem servis terpadu. Tujuannya untuk mengupgrade atau meningkatkan performa serta ketahanan motor dengan cara cepat tapi biaya lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru terdapat bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis atau yang jarang dicek dan disetel secara rutin.

manfaat tune up motor di planrt ban

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Kamu harus cobain rasanya servis motor matic di Planet Ban. Soalnya kalau servis di sini, kamu tidak menemukan banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang masih tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Jangankan di mesin, kotoran sama debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat pun enggak ada.

Melakukan service rutin di Planet Ban akan membuat seluruh bagian atau part mesin dibersihkan sampai seperti baru. Ibaratnya nih, dari mulai kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran. Look like mesin baru pokoknya.

Jika mesin terasa seperti baru, maka tarikan pun lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin bersih total. Eh kalau kayak gini jatuhnya biayanya berapa nih? Mahal enggak? Sama sekali enggak mahal deh, serius.

Harga service motor di Planet Ban yang lengkap pun tetap terjangkau. Misalnya untuk service motor injeksi hanya  Rp20.000,- . Terus untuk service CVT sekaligus rantainya di Rp19.500,- bahkan service throttle body saja hanya Rp20.000,-

Itulah beberapa komponen di motor matic yang harus dirawat secara rutin supaya motor tahan lama dan nyaman digunakan. Untuk service lengkap dan terjangkau, kamu bisa ke Planet Ban lho. By the way, teman-teman yang mampir di sini, udah ada yang pernah coba service di Planet Ban belum? Yuk share di kolom komentar pengalamannya.