manfaat internet dan teknologi untuk pendidikan

Dulu, ketika ingin mempelajari sesuatu, kita perlu membeli buku, pergi ke perpustakaan, dan mendaftar bimbingan belajar. Yang mana cukup menyulitkan bagi saya yang kebetulan tinggal di pedesaan. Istilahnya kalau mau upgrade ilmu suka berat diongkos. Beda banget dengan keberadaan teknologi dan internetnya Indonesia saat ini. Mau belajar apa pun jadi lebih mudah dan cepat.

5 Manfaat Internet dan Teknologi  dalam Proses Belajar

Perkembangan teknologi beberapa tahun terakhir membuat berbagai sendi kehidupan jadi lebih mudah dan fleksibel. Contohnya saja dengan maraknya pembelajaran serta kursus online. Manfaat internet dan pembelajaran online begitu terasa selama pandemi Covid-19.  Anak-anak tetap bisa belajar secara jarak jauh dari rumah. Berikut 5 manfaat internet dan teknologi lebih lanjut dalam proses belajar:

1. Akses Mudah Pada Pendidikan Berkualitas

Saat ini, baik orang tua maupun siswa lebih mudah dalam mengakses pendidikan yang berkualitas. Baik melalui lembaga pendidikan yang sudah menyajikan sistem pembelajaran online maupun pilihan platform belajar online. Kita bisa mencari dan membandingkan informasi dengan tersedianya website lembaga pendidikan maupun platform e-learning. Dengan begitu, kita bisa memilih pendidikan berkualitas yang dirasa paling cocok, di mana pun kita berada. Selama ada gadget dan koneksi internet, belajar jadi semakin banyak pilihan.

2. Memudahkan Tenaga Pengajar untuk Mencari Referensi Bahan Ajar

Untuk membuat bahan ajar, guru atau tenaga pengajar biasanya mengandalkan informasi dari media cetak, seperti  buku, koran, dan majalah. Nah, saat ini, keberadaan internet bisa menjadi alternatif dalam mencari bahan referensi yang lebih lengkap, baru, mudah diakses, dan lebih hemat waktu. Jika tenaga pengajar mempunyai materi yang cukup, maka siswa akan mendapatkan materi yang baik dan bermanfaat.

3. Lebih Terjangkau Secara Biaya

Internet membuat proses belajar ilmu pengetahuan lebih hemat biaya. Selain biaya bimbel atau kursus yang lebih terjangkau, internet juga memberikan ilmu gratis yang bisa didapatkan melalui channel YouTube hingga platform belajar online gratis. Artinya semua orang bisa belajar kapan saja dan di mana saja selama memiliki koneksi internet.

internetnya indonesia bikin proses belajar jadi mudah

4.  Proses Pembelajaran Jadi Lebih Menarik dan Interaktif

Saat ini, tenaga pengajar dituntut untuk beradaptasi dan bisa memberikan materi pembelajaran yang lebih menarik supaya bisa lebih mudah dipahami. Sebagai pengajar, kita bisa mencoba berbagai metode belajar yang ada di internet. Misal jika metode A kurang cocok untuk beberapa murid, maka kita bisa mencoba metode B bahkan C.

Materi belajar yang lebih menarik, misal menggunakan video tutorial atau bahkan diskusi langsung akan membangun interaksi aktif antara pengajar dan pelajar.  Kita bisa menggunakan fasilitas teleconference hingga media sosial untuk terus berdiskusi terkait materi yang dianggap sulit. Selain menambah keakraban, interaksi intens akan memacu kreativitas para pelajar.

5. Lebih Up To Date Terhadap Informasi

Manfaat internet di bidang pendidikan lainnya adalah mendorong siswa dan guru menjadi individu yang lebih up to date atau aware dengan informasi-informasi terbaru. Selain terkait mata pelajaran, semakin banyak informasi terbaru yang diperoleh seseorang, maka akan lebih mudah dalam menemukan minat serta bakat anak.

Itulah beberapa manfaat internet dalam pendidikan. Manfaat internet akan semakin terasa ketika kecepatan koneksi internetnya stabil. Dengan begitu, kita bisa mengakses berbagai platform pendidikan dan informasi dengan cepat. Nah, untuk kamu yang sedang mencari provider internet terpercaya dan punya paket internet bulanan yang terjangkau, kamu bisa mempercayakan kebutuhan koneksi internetmu pada IndiHome.