ganti cara belajar bareng Zenius Education

Saat pandemi tiba dan kegiatan sekolah secara langsung diganti jadi belajar dari rumah, nyatanya membuat banyak orang tua ketar ketir. Ya, tidak semua orang tua bisa membersamai anak-anak belajar secara online. Saya sendiri sebenarnya belum punya anak usia sekolah, hanya saja ada keponakan yang duduk di kelas 6 kadang-kadang minta ditemani belajar. Nah, saat ada soal Matematika yang sulit, di situlah saya kelabakan Hehehe.

Belum lagi saat mau Penilaian Akhir Semester alias PAS tuh, saat pandemi penilaiannya online dan offline kan. Ini asli menjelang PAS saya ikut degdegan. Nyari cara supaya nemu tips belajar efektif buat ponakan saya. Beruntunglah adik ngasih tahu ada aplikasi Zenius yang bisa bantu persiapan back to school.

Zenius Education Itu Apa?

Jujur ya, jujur awalnya saya bingung Zenius itu apa. Maklum dulu saya tidak tertarik ikut bimbel dan merasa kalau bimbel itu buat anak-anak yang ambisius dan pinter-pinter. Jelas tidak cocok dengan saya saat remaja. Padahal kenyataannya tidak begitu ya buibu. Bimbel itu cocok untuk para pelajar yang ingin meningkatkan kemampuan akademik. Kalau di Zenius malah akademik dan non akademik juga dilatih setelah saya pakai aplikasinya selama beberapa waktu untuk membersamai keponakan.

Zenius Education

Jadi, Zenius Education adalah tempat bimbel yang berdiri sejak tahun 2004, kemudian perlahan tapi pasti berubah menjadi tempat bimbel online interaktif yang ingin terus memotivasi dan mendorong para pelajar maupun orang tua untuk memiliki motivasi melebihi rata-rata dalam hal belajar.

Zenius memberikan solusi pembelajaran adaptive learning dan ekosistem pembelajaran online-offline untuk ganti cara belajar siswa supaya fokus pada hal-hal yang penting dan esensial dengan lebih efektif serta efisien. Sebab, Zenius memahami dan mendukung kalau setiap orang ingin punya gaya belajar yang berbeda.

Zenius siap membantu siswa untuk menghadapi PAT, PTS, PAS, tryout, UTBK, bahkan tes CPNS untuk matematika dasar dan analogi bisa dipelajari lewat Zenius Education lho.

Fitur Di Aplikasi Zenius untuk Ganti Cara Belajar Jadi Lebih Seru

Karena saya dan ponakan sudah merasakan manfaat belajar bareng Zenius Education, jadi saya mau sharing pengalaman terkait fitur-fitur paling berkesan di aplikasinya.

1. Ekosistem Pembelajaran Online – Offline di Zenius

Ekosistem pembelajaran daring dan luring di Zenius akan membantu proses anak menemukan gaya belajar yang cocok dengan memanfaatkan fitur berikut:

Zenius Live Class

Melalui Zenius Live Class, anak-anak atau pelajar bisa memilih kelas yang diminati. Mereka bisa diskusi sama tutor buibu. Baik itu perihal mata pelajaran di sekolah atau yang lebih spesifik. Di Zenius Live Class belajar jadi lebih mudah dan tentunya menyenangkan. Eh ya, anak-anak juga bisa bertanya langsung kalau ada yang dirasa belum dipahami saat proses live pembelajaran berlangsung.

Zenius Live Class ini bisa diakses kalau kita langganan premium buibu. Bisa bayar pake ZenCoin atau sekalian langganan paket belajar. Pssst, dalam mendukung anak-anak back to school dan ganti cara belajar yang sesuai gaya masing-masing anak di tahun ajaran baru, Zenius lagi ngadain promo paket belajar dengan harga 199 ribu per tahun. Paket ini udah termasuk fitur Live Class yang tutornya berpengalaman semua. Tjakep kan.

ZenBot

Bagi saya dan keponakan, ZenBot ini adalah fitur ajaib. Kenapa saya sebut begitu? Karena kita bisa bertanya soal Matematika, Fisika, dan Kimia yang sungguh ngejelimet hanya melalui unggahan gambar soalnya. Ya, fitur ZenBot ini berbasis AI atau artificial intelligence yang bisa membantu siswa memecahkan soal rumit lewat video pembelajaran.

Jadi pas foto soalnya diunggah, ZenBot ini langsung memindai otomatis soal yang ada dalam gambar dan muncul deh video penjelasan terkait penyelesaian soalnya.

Content Library

Zenius Education menyediakan lebih dari 100 ribu konten ilmu lho. Baik untuk mata pelajaran matematika, sains, maupun sosial. Saya bayanginnya database 100 ribu konten ilmu ini udah kayak bank soal ujian, lengkap.

ZenBot di Zenius Education

ZenXplore

Nah, berhubung saya pilih profil sebagai orang tua siswa kelas 6, di bagian beranda tampilannya beda. Iya kalau untuk umum, gap year, dan siswa kelas 12, tampilan berandanya ada menu ZenUTBK buibu. Kalau untuk yang kelas 1 sampai 6 adanya ZenXplore dan menu prediksi PAS gitu.

Di beranda kelas 6, tak hanya ada ZenLearning dan ZenXplore aja, tapi ada juga mata pelajaran sekolah kayak matematika, IPA, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Tematik.  Selain itu ada video cerita berbentuk animasi yang seru buat disimak.

Di ZenXplore anak bisa belajar bareng video pembelajaran terkait pengetahuan umum, kayak belajar etika terus bahas mitos yang beredar selama ini beneran apa enggaknya, kayak takhayul, alien, dan lainnya. Lalu ada juga menu pelajaran sains buibu. Inilah mengapa saya bilang di awal, Zenius Education gak hanya mendukung hard skill atau sisi akademis aja, tapi juga soft skill anak-anak.

Pembelajaran Offline di New Primagama Powered by Zenius

Zenius Education tak hanya menawarkan pembelajaran online saja, tapi juga ada pembelajaran offlinenya yang menggunakan metode hybrid learning. Hybrid learning adalah pembelajaran yang menggunakan model pendekatan bersama 2 guru/ two teachers. Melalui hybrid learning, pelajar bisa mempelajari banyak konsep, baik pada tutor secara virtual hingga melakukan diskusi langsung di kelas.

Dalam pembelajaran hybrid learning ini, Zenius Education mengakuisi bimbel terpercaya dan berpengalaman, Primagama menjadi New Primagama Powered by Zenius.

2. Mengasah Fundamental Skills Lewat Sistem Pembelajaran Adaptif Di ZenCore

Sistem pembelajaran adaptif artinya sistem pembelajaran ini lebih mengedepankan efektivitas dan efisiensi. Tipe soal yang diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa. Nah, Zenius Education menerapkan metode adaptive learning ini lewat ZenCore.

Di ZenCore CorePractice sejauh ini ada 4 kategori. Mulanya 3 buibu, ada matematika, verbal logic yang mengasah logika sekaligus bahasa Indonesia kita, kemudian bahasa Inggris. Nah, sekarang ada sainsnya juga. Baru banget keluar bulan Juni 2022 ini. Masih anget dan saya juga suka main di CorePractice. Yes, ZenCore cocok untuk semua usia, gak cuma anak-anak.

Tips Belajar pakai ZenCore

Matematika

Pada kategori matematika, kita akan dihadapkan pada 8 soal matematika dasar dengan durasi waktu total 120 detik (ini soalnya kalau udah naik level akan makin menantang buat mengasah logika matematika dan itung-itungan kita). Di sini kita mesti fokus karena ada jawaban yang mengecoh juga. Semacam lagi ngerjain soal psikotest atau tes CPNS gitu. Berpacu dengan waktu dan ketepatab jawaban.

Tapi kalau salah juga enggak perlu risau, ada pembahasannya di akhir, buibu bisa klik menu pembahasan. Ada yang pake teks aja, ada juga yang pake video kalau soalnya pake rumus.

Verbal Logic

Jumlah soal dan waktu yang diberikan sama kayak kategori matematika. Bedanya di sini berisi soal logika verbal berbahasa Indonesia karena mengasah logika. Di sini kita akan berhadapan dengan soal-soal yang mengasah logika. Yup, belajar menarik kesimpulan dan lainnya.

Bahasa Inggris

Ini kategori paling menantang dan agak sulit buat saya. Enggak tahu kenapa nih bahasa Inggris padahal belajar sejak SMP, tapi tetep aja sulit. Kurang praktik kayaknya. Nah, dengan jumlah soal dan waktu yang sama, di sini kita disuguhkan pertanyaan bahasa Inggris dasar yang semakin levelnya naik, tantangannya makin besar. Tapi ini bagus buat memunculkan kembali ingatan terkait pelajaran bahasa Inggris yang pernah dipelajari.

Sains

Ini dia kategori baru yang hadir di ZenCore. Kebetulan saya sudah cukup lama menggunakan CorePractice dan menu sains ini ada setelah saya update aplikasi di bulan Juni ini. Enggak hanya membahas soal perubahan wujud benda aja, ada soal energi listrik, dan sains lainnya.

Kesan Setelah Menemukan Tips Belajar Menyenangkan di Zenius

Setelah mencoba aplikasi Zenius. Saya menyadari kalau Zenius ini bisa jadi tips belajar yang efektif untuk anak-anak. Soalnya anak zaman now rata-rata lebih suka pembelajaran yang disertai video, apalagi video animasi. Selain anteng belajar, mereka juga lebih cepat menyerap ilmunya.

Sebagai orang tua, saya juga bisa belajar terkait tips mendampingi anak belajar di rumah. Iya lho ada materi videonya. Seneng banget saya. Belum lagu keberadaan fitur ZenBot juga membuat keresahan emak-emak yang mentok bantu cari cara memecahkan soal matematika, fisika, dan kimia jadi musnah. Mana gratis pula buibu fiturnya.

Yuk buibu ganti cara belajar bareng Zenius. Unduh aplikasinya sesuai sistem operasi smartphone buibu. Kalau saya pasang aplikasi Zenius untuk Android , kalau kamu pakai iPhone, maka download Aplikasi Zenius untuk iOS

Kesimpulan

Misi Zenius Education untuk mendukung para pelajar menemukan gaya belajar yang sesuai dengan kepribadian masing-masing ini terlihat banget dari fitur-fitur atau tools yang disediakan dalam aplikasi Zenius. Inovasinya enggak habis-habis. Pembelajaran adaptif di ZenCore aja jadi ada kategori Sainsnya.

Belum lagi Zenius mengakuisisi bimbel offline yang udah berpengalaman puluhan tahun buat bikin pembelajaran hybrid learning. Ya, Zenius mengakuisisi Primagama dan membuat New Primagama powered by Zenius dengan menerapkan metode pembelajaran hybrid learning. Dengan begini belajar anak bisa dilakukan secara online dan offline buibu.

Nah, sekian dulu berbagi pengalaman dari saya kali ini ya. Sampai ketemu lagi! Semoga informasi ini bermanfaat untuk buibu yang lagi nyari tips belajar efektif menjelang tahun ajaran baru.