Kesehatan

5 Makanan Pemicu Alergi

Meskipun ada banyak makanan yang mengandung gizi atau nutrisi yang tinggi dan baik untuk tubuh, nyatanya tetap saja ada makanan tertentu yang membuat beberapa orang mengalami mual, muntah, timbul ruam di kulit, serta gatal-gatal karena alergi.

Alergi pada makanan dapat berlangsung saat mekanisme ketahanan tubuh memandang protein pada makanan adalah suatu ancaman untuk tubuh. Pada akhirnya badan pun akan melepaskan senyawa kimia yang akan memicu timbulnya reaksi alergi.

5 Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Alergi

Nah, pada artikel ini, saya ingin membahas 5 makanan pemicu alergi yang paling banyak dialami oleh manusia. Selain itu, saya pun akan menuliskan gejala-gejala alergi yang biasanya terjadi ketika tak sengaja mengonsumsi makanan tersebut.

1. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood seperti udang, lobster, kepiting, dan ikan laut adalah penyebab alergi yang paling sering atau banyak dirasakan atau dikeluhkan oleh sejumlah orang.

Mengapa begitu? Karena, bermacam sajian laut memiliki kandungan omega-3 dan mineral yang terlalu tinggi, sehingga, tak heran jika akhirnya dapat menyebabkan alergi.

Reaksi alergi pada makanan laut umumnya gatal-gatal, kulit kemerahan dan bentol, sampai diare. Tetapi pada masalah yang lebih kronis, alergi pada seafood dapat mengakibatkan kematian lho.

2. Susu

Susu adalah minuman sehat yang dibutuhkan untuk kesehatan badan, di mulai dari susu sapi, susu kedelai, susu kambing, sampai ASI. Tetapi tidak seluruh orang dapat menikmatinya.

Sebagian orang bahkan juga mempunyai alergi pada minuman ini dan akan memunculkan reaksi seperti mual, muntah, sampai diare. Keadaan ini dikarenakan oleh tingginya kandung protein dalam susu.

3. Telur

Telur adalah makanan yang dapat dimakan siapa, baik beberapa anak atau orang tua. Makanan ini dapat jadi penyebab munculnya alergi.

Kandung protein dalam telur termasuk cukup tinggi, sehingga dapat mengakibatkan reaksi alergi seperti bentol, bisul, gatal-gatal, sampai muntah dan mual. Jika ada anggota keluarga yang mengalami hal ini, maka waspadalah.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat memacu reaksi alergi seperti sakit di perut dan ruam kulit. Keadaan ini lebih rawan dirasakan oleh beberapa anak yang ketahanan tubuhnya masih kurang kuat.

Selain itu, kacang kedelai yang populer bergizi bisa juga mengakibatkan permasalahan pencernaan, seperti stomatitis, diare, kembung, dan sakit di perut.

Di samping itu, alergi pada kacang-kacangan dipercayai dapat memunculkan permasalahan kulit, terhitung jerawat.

5. Sayur dan Buah-buahan

Sayur adalah menu makanan sehat yang dipercayai dapat penuhi konsumsi gizi untuk badan. Tetapi tidak seluruhnya sayur aman dimakan. Bahkan juga, beberapa sayur dapat mengakibatkan alergi seperti gatal-gatal, mual, muntah, sampai diare. Beberapa sayur itu seperti wortel, kubis, bawang merah, bawang putih, kembang kol, kentang, dan labu.

Kecuali sayur, buah-buahan dikenal juga sanggup penuhi konsumsi gizi untuk kesehatan atau kecantikan. Tetapi kembali lagi tidak seluruh orang dapat konsumsi seluruh tipe buah. Buah menjadi penyebab alergi seperti ruam kulit, asam lambung, maag, mual, muntah, sampai diare. Beberapa buah penyebab alergi salah satunya ialah strobery, jeruk nipis, lemon, anggur, pepaya, dan nanas.

Gejala Alergi yang Umumnya Terjadi

Gejala yang umumnya terjadi pada seseorang yang alergi makanan tak hanya munculnya ruam kulit dan merasakan gatal saja. Namun juga bisa timbul pilek, hidung mampet, gatal di mulut, kerongkongan, mata, dan bahkan tak menutup kemungkinan seluruh badan.

Selain itu, bisa juga terjadi pembengkakan di bibir, lidah, kerongkongan ataupun wajah. Disusul dengan susah menelan dan bicara, mengi, sesak napas, jantung berdebar kencang, pusing, pandangan buram bahkan bisa sampai gelap, hingga tak sadarkan diri.

Jika kamu atau orang terdekat mengalami gejala seperti itu setelah mengonsumsi jenis makanan di atas, maka jangan menganggapnya permasalahan yang ringan.

Sebab, pada kasus tertentu, alergi pada makanan dapat memberikan ancaman nyawa kepada seseorang ketika tubuhnya benar-benar tidak dapat terima makanan itu.

Fakta Tentang Alergi

Umumnya, setiap orang memiliki satu alergi terhadap sesuatu, termasuk makanan. Jadi, secara tidak langsung, tidak semua orang mempunyai alergi yang sama. Namun, tak menutup kemungkinan juga satu orang bisa memiliki lebih dari satu alergi

Seperti misalnya, ada satu orang yang alergi pada makanan laut atau seafood, tetapi ada juga yang alergi pada telur dan sayur. Mengapa bisa begitu?

Sebab, dari beberapa artikel yang kebetulan saya baca, seseorang mungkin mengalami lebih dari satu jenis alergi ketika orang tuanya memiliki alergi juga. Jadi, secara tak langsung, alergi bisa diturunkan dari orang tua, kemudian ditambah alergi baru.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Semoga bermanfaat! Selain berusaha menghindari makanan yang mengandung bahan alergi, penderita alergi pun sebaiknya segera menghubungi dokter jika gejalanya terasa berat dan membuat tak nyaman.