Traveling

5 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Wajib Kamu Kunjungi

Berbicara tentang Jogja, tentu tak bisa terlepas dengan sebuah lokasi bernama Malioboro. Malioboro sendiri merupakan nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Jogja hingga tiba di kawasan simpang empat Kantor Pos Yogyakarta. Di sekitar jalan inilah banyak terdapat destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

5 Tempat Wisata Dekat Malioboro Benteng Vredeburg Jogjakarta

Malioboro adalah pusat keramaian kota Yogyakarta. Dan disana terdapat banyak sekali pusat-pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi guna membeli cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan selepas berkunjung ke kota Gudeg. Tak sekadar itu saja, di kisaran Malioboro kamu juga dapat menemukan tempat-tempat bersejarah peninggalan Belanda yang masih tersisa hingga saat ini.

Tempat Wisata Dekat Malioboro

Nah apa saja sih objek-objek wisata populer yang ada di sekitar Jalan Malioboro? Berikut ini saya berikan beberapa rekomendasinya untuk kamu

1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo dengan Kawasan Malioboro memang jaraknya sangat dekat, hanya 700 meteran saja. Pasar ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan Malioboro yang cukup terkenal dan kerap kali dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan hadirnya pusat perekonomian ini mempunyai makna filosofi tersendiri.

Pasar ini melambangkan  satu tahapan kehidupan manusia yang masih berlingkup dengan pemenuhan kebutuhan ekonominya. Pasar yang telah hadir sejak 1758 ini menjual beragam cinderamata khas Yogyakarta dengan harga bervariasi sesuai dengan keadaan kantong kita. Yuk, berbelanja di Beringharjo

2. Kraton Yogyakarta

Kraton Jogja juga merupakan salah satu tempat wisata dekat Malioboro yang wajib untuk kamu kunjungi. Di Keraton ini, pengunjung dapat mengenali budaya khas Jawa yang sangat kental dan berfilosofis tinggi. Selain itu, Keraton ini hingga saat ini masih menjadi pusat pemerintahan kota Yogyakarta dibawah pimpinan Sultan Hamengkubuwono.

Akses menuju Keraton Yogyakarta bisa dibilang sangat mudah karena letaknya yang berada di pusat kota. Tak sekadar itu saja, Keraton juga merupakan objek wisata yang lokasinya strategis dan berada di ring 1 yang meliputi Taman Sari, Titik 0 Jogja, dan Malioboro. Untuk bisa masuk ke Keraton, kamu cukup membayar 5 ribu rupiah saja.

3. Titik Nol KM Jogja

Disekitar Malioboro Jogja, kamu juga bisa menemukan kawasan wisata favorit bernama Titik Nol KM Yogyakarta. Di tempat ini terdapat banyak tempat-tempat penting dan bersejarah yang sayang sekali jika tidak kamu kunjungi. Beberapa diantaranya yaitu Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Gedung BNI, Monumen Batik serta Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Untuk menuju ke sana tidaklah sulit mengingat lokasinya yang berada di tengah-tengah kota. Dari Malioboro, kamu tinggal berjalan lurus menuju arah selatan untuk menuju kawasan Titik 0 Jogja ini. Setibanya di sana kamu akan disuguhkan pemandangan yang cantik dan memanjakan mata berupa area peredistrian.

4. Museum Banteng Vredeburg

Museum yang satu ini termasuk ke dalam kawasan wilayah titik Nol KM Jogja. Museum ini adalah salah satu dari sekian banyak peninggalan kolonial Belanda yang ada di Yogyakarta ataupun daerah-daerah lainnya di Indonesia. Museum yang pertama kali dibangun pada tahun ini punya kisah sejarah yang cukup menarik.

Dulunya museum ini hanyalah sebuah benteng yang menjadi pertahanan Belanda pada masa penjajahan dulu. Kini, benteng tersebut sudah menjadi museum yang didalamnya terdapat banyak sekali patung, karya seni, bangunan dan berbagai macam senjata peninggalan zaman Belanda.

Nah jangan lupa ya kalo kamu udah ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi dan menyusuri setiap tempat wisata dekat Malioboro yang indah, menarik, dan penuh historis. Sekian dan semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *