jenis iklan digital marketing

Untuk menambah pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mengembangkan bisnis di era society 5.0, ada banyak cara yang bisa kamu coba. Salah satunya dengan berpromosi menggunakan iklan digital. Kenapa iklan digital? Memangnya apa saja manfaat iklan digital? Yuk cari tahu jawabannya di sini beserta jenis iklan digital marketing yang harus kamu coba!

Kelebihan atau Manfaat Digital Advertising

Iklan digital adalah cara memasarkan produk, baik berupa barang maupun jasa melalui suatu platform dan kamu harus membayar sejumlah biaya supaya iklannya bisa tayang. Nah, berikut beberapa manfaatkan iklan online:

  • Membantu menghemat biaya dan waktu pemasaran.
  • Memudahkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan.
  • Pelayanan dan pengembangan strategi digital marketing bisa lebih cepat karena data masuk secara realtime.
  • Meningkatkan return of investement (ROI).
  • Menjangkau pelanggan yang lebih tepat sasaran berdasarkan target audiens, data demografi, minat, perilaku, dan lainnya.
  • Membantu memenangkan persaingan.

5 Jenis Iklan Digital Marketing yang Efektif untuk Mempromosikan Bisnis

1. Email Marketing

Email marketing artinya kamu melakukan pemasaran produk melalui pengiriman email kepada pelanggan. Isi emailnya bisa berupa newsletter hingga penawaran menarik (informasi flash sale, diskon, voucher hadiah ulang tahun, dan lainnya).

email marketing bantu tingkatkan penjualan

2. Search Ads

Search ads atau iklan pencarian adalah iklan digital yang termasuk dalam strategi search engine marketing (SEM). Menggunakan jenis iklan digital marketing yang satu ini akan membuat website bisnis kamu muncul di mesin pencari ketika pelanggan mengetikkan kata kunci tertentu. Ya, search ads membantu meningkatkan keterbacaan website bisnis kamu pada mesin pencari seperti Google.

Sedikit berbeda dengan teknik SEO, menggunakan iklan pencarian atau pay per clik (PPC) pada teknik SEM memerlukan biaya. Kamu harus membayar sejumlah biaya, sesuai ketentuan untuk menayangkan iklan dalam kurun waktu tertentu.

3. Display Ads

Menarik perhatian pelanggan hingga meningkatkan brand awareness bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya memasang display ads atau iklan bergambar. Iklan bergambar atau memiliki tampilan visual tentu lebih menarik dibandingkan hanya teks saja. Terlebih lagi, kamu bisa menyesuaikan ukuran iklan sesuai ukuran layar tempat memasang iklan.

Tak hanya gambar, pada display ads, kamu juga bisa menambahkan teks dan gambar animasi. Jenis iklan digital ini biasanya muncul di website pihak ketiga dalam bentuk landing page, iklan pop up, hingga flash ads. Biaya untuk pemasangan iklan ini juga paling terjangkau.

4. Video Ads

Iklan video atau video ads nyatanya kini lebih efektif dalam menjangkau pelanggan. Mengapa? Karena iklan video lebih interaktif dan menarik perhatian. Apalagi sebagian besar generasi milenial dan setelahnya lebih menyukai gambar visual bergerak yang disertai audio visual. Umumnya video ads akan kamu jumpai di platform media sosial (YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, Twitter), website hingga penggunaan aplikasi tertentu di smartphone.

social media ads

5. Social Media Ads

Sesuai dengan namanya, iklan ini adalah iklan yang tayang di berbagai media sosial. Bisa berupa iklan gambar, iklan video, hingga audio. Menggunakan social media advertising akan membantu bisnis kamu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan lebih tepat sasaran. Sebab, kamu bisa mengatur demografi target audiens yang kamu inginkan.

Selain 5 jenis iklan di atas, ada 4 jenis iklan digital marketing lainnya yang bisa kamu pelajari lebih lanjut. Ada native ads, mobile advertising, paid search, dan paid sosial. Yuk pelajari lebih lanjut mengenai jenis iklan digital marketing dan cobalah menerapkan satu atau beberapa iklannya.

Yuk Gunakan Aplikasi Kasir iReap POS untuk Memantau  Penjualan dan Mengelola Penjualan

Saat memasang iklan digital, kamu tentu menginginkan hasil yang sepadan atau peningkatan penjualan yang signifikan, bukan? Untuk itu, jangan lupa melakukan pencatatan transaksi secara realtime. Nah, dari mulai toko kelontong sampai retail besar, sekarang kamu bisa melakukan pencatatan transaksi secara otomatis lho. Caranya dengan menggunakan aplikasi kasir iReap.

Apa Itu Aplikasi Kasir iReap?

Apa itu aplikasi kasir iReap? iReap adalah singkatan dari Integrated Retail Application.  iReap ini aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu kamu mengatur dan menjalankan operasional toko. iReap terdiri dari Point of sales atau sistem kasir dan sistem untuk mengelola barang yang fleksibel.

Fitur di Aplikasi kasir iReap

Tim yang merancang dan mendesain aplikasi kasir iReap ini sudah kelas dunia, berpengalaman selama lebih dari 20 tahun dalam industri ritel. Dari ritel kecil, menengah sampai perusahaan besar dan multinasional. Selain itu, PT. Sterling Tulus Cemerlang juga Gold Partner dari SAP (https://www.sap.com). FYI, SAP adalah perusahaan penyedia aplikasi business no 1 di dunia yang berasal dari Jerman.

Fitur yang Ada di Aplikasi Kasir iReap

  • Fitur Pengaturan sistem
  • Fitur Master Data
  • Fitur master data menyediakan delapan fitur lengkap, yaitu :
  • Fitur Data kategori barang
  • Data barang
  • Data pelanggan
  • Data supplier
  • Import barang dari file
  • Import pelanggan dari file
  • Backup ke Google drive
  • Restore dari Google drive
  • Transaksi Penerimaan
  • Transaksi Pengeluaran
  • Transaksi Penjualan
  • Laporan

Nah lengkap banget kan fiturnya. Aplikasi kasir iReap POS memang cocok untuk segala jenis bisnis. Kamu akan terbantu untuk manajemen toko, stok barang secara realtime, dan bisa mencetak bukti transaksi melalui smartphone dan penggunaan printer bluetooth.

Untuk kamu yang bisnisnya masih skala kecil, seperti toko kelontong atau menjual barang secara online, kamu bisa menggunakan iReap POS Lite secara gratis (tanpa biaya berlangganan). Sementara untuk yang tokonya punya cabang dan ingin fitur yang lebih beragam, kamu bisa cobain iReap POS Pro. Ada 14 hari masa percobaan berlangganan lho. Untuk kedepannya cukup membayar 99ribu/perangkat, kamu bisa mengakses semua data toko dan melakukan singkronisasi data secara otomatis.

Kesimpulan

Di era society 5.0, kamu bisa memanfaatkan internet untuk melakukan pemasaran online, termasuk pemasangan iklan digital yang bisa meningkatkan penjualan dan brand awareness. Nah, dalam memasang iklan online, kamu bisa mencoba jenis iklan digital marketing yang sesuai dengan target market kamu.

Selain itu, supaya kamu bisa mengetahui impact dari iklan yang dijalankan, jangan lupa untuk mencatat seluruh transaksi penjualan secara realtime. Sekarang kamu tidak perlu repot lagi mencatat transaksi secara manual, ada aplikasi kasir iReap yang siap membantu kamu. Yuk cobain aplikasi kasir iReap untuk pengguna android.