rekomendasi wisata alam garut

Setelah 5 bahkan 6 hari bekerja dalam seminggu, tentunya kita membutuhkan waktu untuk rehat sejenak. Nah, untuk kamu yang kurang suka menghabiskan weekend di rumah aja, cobain yuk menikmati destinasi wisata alam yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Garut. Apa saja rekomendasi wisata alam Garut yang oke? Mari cari tahu di sini.

3 Rekomendasi Wisata Alam Garut yang Menyegarkan Mata

Tak hanya terkenal sebagai kota Intan dan makanan khasnya yang berupa dodol. Garut juga memiliki banyak destinasi untuk berwisata yang menarik. Baik itu wisata pemandian air panas, destinasi wisata Garut untuk keluarga seperti Garut Dino Land, pantai-pantai di Garut selatan, wisata kuliner, hingga wisata alam. Berikut 3 rekomendasi wisata alam di daerah Garut kota yang bisa kamu coba kunjungi!

1. Kebun Mawar Situhapa

Untuk kamu yang suka dengan aneka bunga, pepohonan, rumput yang menyejukkan mata, pemandangan gunung di depan mata. Yuk coba berkunjung ke kebun mawar Situhapa Samarang Garut. Kebun mawar ini mempunyai labirin, kolam bunga teratai, dan playground. Suasana yang segar dan menenangkan di kebun mawar ini cocok untuk healing atau menikmati suasana romantis bersama pasangan, bahkan keluarga. Apalagi kalau menjelang matahari tenggelam atau matahari terbit.

destinasi wisata kebun mawar situhapa garut

Kebun mawar Situhapa ini termasuk salah satu tempat berwisata yang hits dan instagramable. Apalagi dengan adanya beraneka ragam bunga dan tanaman (mencapai 500 spesies), bangunan vila, tempat duduk di antara pepohonan rindang, dan cafe yang bangunannya terbuat dari kayu. Cocok sekali untuk kamu yang ingin liburan sekaligus mencari spot foto yang bagus untuk dipamerkan di Instagram.

Tertarik untuk kebun mawar di Garut ini? Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp17.500 di hari Senin sampai dengan Sabtu dan Rp22.500 pada hari Minggu dan libur nasional.

Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB

Alamat: Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44161, Indonesia

2. Situ Bagendit

Tempat wisata di Garut yang satu ini merupakan bagi dari salah satu cerita rakyat populer lho. Jadi, dulunya pernah hidup janda kaya yang jadi tengkulak hasil panen padi para petani di daerah ini. Lalu saat sedang mengadakan pesat untuk memamerkan kekayaan, nyi Endit (begitu julukannya karena pelit) kedatangan kakek pengemis yang menancapkan tongkat di halaman rumahnya. Ketika tongkatnya diminta dicabut, malah keluar air dan menyebabkan nyi endit tenggelam beserta kekayaannya.

Dari sanalah situ atau danau ini dinamakan Situ Bagendit. Di sekeliling situ atau danau alami ini banyak pegunungan dan bukit, seperti gunung Cikuray, gunung Guntur, gunung Kaledong, gunung Haruman, hingga Talaga Bodas. Kumpulan tanaman eceng gondok serta bunga teratai di sebagian sisi danau turut menambah keindahan tempat untuk wisata alam ini.

situ bagendit tempat wisata hits keluarga di Garut
sumber: kementerian PUPR

Sejak tahun lalu, Situ Bagendit mulai berbenah menyediakan destinasi untuk berwisata yang kekinian dan semakin nyaman. Tak hanya naik rakit, kamu juga bisa berjalan di atas jembatan kayu untuk menuju ke tengah danau dan mengunjungi masjid terapungnya. Pokoknya makin banyak spot seru yang cocok dijajal sendiri, bersama bestie, pasangan, bahkan keluarga besar. Harga tiketnya juga terjangkau, Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Alamat: Jalan KH Hasan Arif, Banyuresmi, Garut

3. Talaga Bodas

Sebagai telaga atau kawah yang terbentuk dari lava andesit dan proklastik letusan Gunung Galunggung, Talaga Bodas menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Kamu bisa menikmati danau belerang yang berwarna hijau kebiruan, pepohonan di sekitar yang rimbun, serta gunung yang mengelilingi Talaga Bodas.

Selain pemandangan yang indah memanjakan mata, di sini kamu juga bisa berendam di kolam air panasnya tanpa dikenakan biaya tambahan lho. Tempat wisata alam yang satu ini bagus dijadikan sebagai latar foto untuk diunggah ke media sosial. Terlebih beberapa tahun terakhir banyak spot foto ikonik yang disediakan di sekitar Talaga Bodasnya.

penginapan terdekat dari talaga bodas Garut

Kamu juga bisa berkemah, tracking, bahkan hikking di Talaga Bodas. Nah, seru, kan? Untuk bisa menikmati keindahan alam Talaga Bodas, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000 per orang di weekday, dan Rp15.000 saat weekend tiba.

Jam operasional: 06.00 – 17.45 WIB

Alamat: Jalan Talaga Bodas No. 5 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Itulah 3 rekomendasi wisata alam Garut yang lokasinya tidak begitu jauh dari daerah Garut Kota. Hanya perlu waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam dari pusat kota Garut. Kalau kamu datang dari luar kota Garut, jangan khawatir soal penginapan. Banyak penginapan terdekat yang bisa dipesan untuk berisirahat. Untuk penginapan terdekat dengan harga terjangkau, saya sarankan kamu pakai andalan saya deh, yaitu RedDoorz.