Manfaat fanspage facebook

Apakah kamu perlu membuat halaman Facebook fanpage untuk bisnis milikmu? Fanpage adalah halaman khusus di Facebook yang berguna untuk menyediakan informasi seputar keinginan pemiliknya. Kamu bisa membuat fanpage dengan nama perusahaan, brand, komunitas, selebriti, hingga nama pribadi kamu.

Sebagai seseorang yang bergelut di dunia bisnis, halaman Facebook fanpage tentu saja memiliki sejumlah manfaat. Sekalipun kamu tidak menjalankan bisnis berbasis online, fanpage dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis kamu. Apalagi jika kamu menjalankan bisnis e-commerce, fanpage berperan penting lho untuk mendukung perkembangan bisnis kamu di era society 5.0.

Oleh sebab itu, buatlah Facebook fanpage yang resmi untuk bisnis Anda. Caranya pun mudah, cepat, dan gratis. Nah, jika Anda baru mau membuatnya, berikut 5 hal yang harus Anda ketahui tentang manfaat fanspage Facebook bagi bisnis Anda.

5 Manfaat Facebook Fanpage untuk Kepentingan Bisnis Anda

1. Bisa Menemukan Pelanggan Potensial

Sejak awal kemunculannya Facebook telah digunakan untuk beragam macam kegiatan bersosialisasi di internet. Mulai dari membagikan berita terbaru, memposting foto, mengunggah video, menulis curahan hati, melihat aktivitas teman, dan memberikan komentar. Namun, selama beberapa tahun terakhir atau sejak digital marketing booming, kini Facebook juga menjadi media untuk menemukan bisnis lokal, mencari tahu produk baru, dan mendapatkan rekomendasi tentang berbagai hal. Singkatnya cara dapat uang di Facebook sudah menjadi rahasia umum.

Kamu pun pasti sudah tahu bahwa Facebook adalah media sosial terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 2 miliar orang. Lebih dari 100 juta penggunanya adalah orang Indonesia. Banyak konsumen potensial yang berpotensi untuk dijangkau melalui Facebook. Itulah alasan kenapa Anda perlu membuat akun fanpage khusus untuk bisnis Anda.

2. Orang Mudah Menemukan Bisnis Anda di Internet

Bagaimana cara menggunakan fanspage Facebook untuk dapat menentukan kategori bisnis kamu, menuliskan nama brand, alamat lengkap, nomor telepon, link website, dan deskripsi bisnis, serta mengunggah foto profil dengan logo bisnis kamu. Anda juga bisa memposting beragam konten di fanpage Anda untuk keperluan promosi.

Nah, saat orang mencari nama bisnis Anda di kolom ’search’ atau mencari kata kunci tertentu yang terdapat dalam profil fanpage Anda, maka akun fanpage Anda akan muncul di halaman pencarian. Ini akan memudahkan orang untuk menemukan bisnis Anda. Bahkan saat melakukan pencarian di Google pun, orang bisa menemukan akun Anda.

3. Membangun Audiens yang Tepat

Anda dapat mengundang teman-teman Anda untuk mengikuti dan menyukai Facebook fanpage Anda. Orang asing yang tidak Anda kenal pun dapat mengikuti dan menyukai fanpage Anda. Anda bisa membangun audiens dari mana saja yang tertarik dengan bisnis Anda.

Dengan Facebook fanpage, Anda akan lebih leluasa untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda. Kemudian, Anda juga akan mendapatkan umpan balik dari audiens Anda. Mereka akan memberikan tanggapan mengenai postingan Anda, bahkan melakukan pembelian pada produk Anda. Audiens yang tepat akan berkumpul di fanpage Anda. Mereka adalah konsumen potensial Anda.

4. Mengetahui Insights

Facebook memberikan Anda fitur ’insights’ untuk mengetahui informasi tentang audiens yang terhubung dengan fanpage Anda. Anda dapat melacak kinerja fanpage Anda, jumlah pengguna aktif, jumlah audiens yang berhasil dijangkau setiap minggu pada setiap postingan Anda, hingga demografi audiens Anda.

Data pada ’insights’ akan berguna bagi bisnis Anda terutama dari perspektif pemasaran. Anda jadi bisa membuat strategi bisnis yang lebih efektif. Anda dapat membuat konten yang tepat untuk audiens Anda dan menemukan lebih banyak orang yang serupa dengan audiens Anda saat ini.

Manfaat fanspage facebook

Anda dapat mengiklankan akun Facebook fanpage Anda atau postingan Anda di fanpage. Facebook memberikan Anda berbagai pilihan dalam beriklan untuk menjangkau audiens yang belum mengetahui dan mengikuti bisnis Anda.

Hebatnya, Anda dapat menargetkan audiens yang jadi sasaran Anda berdasarkan demografi. Seperti jenis kelamin, usia, lokasi, tingkat pendidikan, pendapatan, hingga status hubungan. Jadi, iklan Anda bisa tepat sasaran sesuai target pasar Anda. Anda bisa menemukan audiens yang tepat dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Nah, itulah empat manfaat Facebook fanpage untuk bisnis Anda. Ayo segera membuat halaman bisnis di Facebook dan mulai mempromosikan produk dan layanan Anda di media sosial terbesar di dunia tersebut.