nama tarian suku sunda

Indonesia memiliki keberagaman suku. Salah satu suku yang jumlah populasinya banyak adalah suku Sunda. Suku yang mendiami daerah Jawa Barat ini memiliki banyak jenis tarian. Tarian yang paling populer adalah jaipong. Yuk cari tahu lebih banyak tentang jaipong, nama tarian suku Sunda lainnya, dan baju adat yang digunakan saat menari pada artikel kali ini.

5 Jenis Tarian Sunda Populer dan Baju Adat yang Dikenakan Saat Tampil

Tarian Sunda jenisnya cukup banyak, jadi saya memutuskan untuk memperkenalkan 5 jenis yang populer kali ini beserta pakaian adat yang dikenakan saat menghibur masyarakat.

1. Tari Jaipong

Nama tarian suku Sunda yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ya, tidak terbatas di asal daerah dan sukunya saja. Tari Jaipong berasal dari Karawang, Jawa Barat penciptanya adalah H. Suwanda  sekitar tahun 1976.

Tari Jaipong diiringi oleh tabuhan gendang. Tarian tradisional Jawa Barat ini juga menggabungkan beberapa elemen, seperti wayang golek, pencak silat, topeng banjet, ketuk tilu, dan lainnya. Saat menari, penari jaipong mengenakan sinjang, simpur (selendang), apok, dan hiasan kepala.

2. Tari Ronggeng Gunung

Tari ronggeng gunung berasal dari Ciamis selatan dan Pangandaran, Jawa Barat. Tarian ini biasanya untuk mengiringi pesta pernikahan, panen padi, khitanan, dan penerimaan tamu penting (seperti kunjungan pejabat ke daerah). Para penari ronggeng akan mengenakan baju kebaya berwarna cerah, kain batik atau sinjang kebat, dan selendang.

3. Tari Merak

Pada tahun 1955, Rd. Tjetje Somantri menciptakan tari merak yang menjadi ciri pengembangan dari tarian tradisional Sunda di kota Bandung. Tari merak menampilkan gerak-gerik dari burung merak Jantan. Tari merak ditampilkan pada penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955.

Tari merak diiringi oleh alunan musik gamelan. Baju adat sekaligus aksesoris tradisional yang dikenakan pada tarik merak adalah siger mirip burung merak, giwang (anting), susumping,  kelat bahu, garuda mungkur, gelang tangan, ekor, baju kemben, ekor berupa selendang bermotif burung bulu burung merak.

4. Tari Ketuk Tilu

Tari ketuk tilu merupakan salah satu nama tarian suku Sunda populer yang banyak ditemukan di daerah Purwakarta dan Bogor, Jawa Barat. Tari ketuk tilu banyak digelar sebagai hiburan masyarakat yang diiringi kendang, rebab, tiga buah ketuk, kecrek, hingga goong. Penari ketuk tilu menggunakan pakaian khas berupa kebaya, lengkap dengan sinjang (berbentuk celana) disertai sabuk, dan aksesoris (gelang dan kalung), hiasan kepala, seringnya melati. Sementara untuk penari ketuk tilu pria menggunakan baju kampret, dilengkapi celana pangsi, ikat kepala kain batik, dan sabuk kulit.

5. Tari Topeng atau Topeng Kelana

Tari topeng juga dikenal dengan sebutan topeng kelana. Tarian Sunda yang satu ini populer di daerah Cirebon. Sesuai namanya, selama menari, penari akan menggunakan topeng yang menutupi wajahnya. Uniknya pemakaian topeng ini menyesuaikan dengan karakter dan jenis tarian yang dibawakan.

Lagu pengiring yang digunakan pada tari topeng adalah Gonjong dan Sarung Ilang. Tari topeng menjadi salah satu media penyebaran agama islam di daerah Cirebon.

Ada 5 jenis topeng yang digunakan untuk menari. Kelima topeng ini disebut Panca Wanda, artinya lima rupa. Panca Wanda bermakna siklus hidup manusia dari anak-anak hingga menjadi dewasa.

Topeng yang dipakai bisa berbeda-beda, disesuaikan dengan latar cerita tarian. Berikut jenis tarian yang ada dalam tari topeng:

  • Topeng panji merupakan tarian yang memperlihatkan gerakan tari lemah lembut dan memiliki rupa. Tarian Panji memiliki filosofi sebagai masa anak-anak
  • Topeng samba menceritakan tentang masa remaja. Yang bermakna masa hidup manusia yang lincah dan penuh rasa ingin tahu.
  • Topeng rumyang, yaitu tarian yang mewakili kehidupan manusia dewasa. Topengnya berwarna semu merah, yang menandakan kedewasaan. Gerakannya semakin lama semakin mantap seolah memperlihatkan kedewasaan seseorang.
  • Topeng Temanggung adalah tarian yang memperlihatkan masa kematangan dan mapan sempurna. Topeng Temanggung menggambarkan seseorang yang mencapai puncak kedewasaan.
  • Topeng Kelana atau Topeng Rahwana
    merupakan tari topeng yang mengacu pada cerita Ramayana, yaitu tokoh Rahwana. Karakternya mirip tokoh Klana pada cerita Panji.

Nah itulah nama tarian suku Sunda berikut baju adat atau tradisional yang digunakan saat menari. Saat kamu berlibur ke daerah Jawa Barat, di beberapa lokasi wisata biasanya terdapat penyambutan menggunakan salah satu tarian di atas.