Traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan, terutama jika dilakukan bersama orang-orang terdekat atau teman-teman. Namun, tidak semua orang memiliki waktu atau kemampuan untuk mempersiapkan perjalanan jauh sendiri.

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa travel untuk memudahkan proses perjalanan, salah satunya adalah Daytrans Travel. Sebab, ketika ingin melakukan perjalanan jauh akan selalu ada risiko yang akan kita hadapi.

Selain harus memperhatikan keamanan diri sendiri, kita juga harus memperhatikan keamanan barang-barang yang dibawa. Namun, dengan beberapa tips yang tepat, kamu dapat mengurangi risiko tersebut dan tetap merasa aman saat bepergian jauh.

Berikut ini adalah beberapa tips traveling perjalanan jauh yang dapat membantumu tetap aman saat bepergian.

1. Bawa Dokumen Penting

Sebelum bepergian, pastikan untuk membawa salinan cadangan dari dokumen-dokumen penting seperti paspor, tiket pesawat, dan voucher hotel. Jika dokumen asli hilang atau dicuri, salinan cadangan ini akan sangat berguna.

Jangan lupa,  bawalah salinan dokumen-dokumen tersebut dan simpan di tempat yang aman, seperti di dompet kecil atau tas yang tidak mudah dicuri.

2. Jaga Keamanan Barang-barang Pribadi

Saat traveling perjalanan jauh, selalu jaga keamanan barang-barang pribadimu seperti tas, dompet, dan kamera. Jangan membawa terlalu banyak uang tunai dan gunakan dompet kecil yang dapat ditaruh di bawah pakaian untuk menyimpan uang serta kartu-kartu penting.

3. Jangan Terlalu Terbuka dengan Orang yang Baru Dikenal

Jangan terlalu mudah percaya dengan orang yang baru dikenal saat traveling. Selalu waspada terhadap penipuan dan jangan memberikan informasi pribadi yang terlalu banyak kepada orang yang tidak dikenal.

4. Gunakan Jasa Transportasi yang Terpercaya

Saat traveling ke negara atau wilayah yang tidak dikenal, selalu gunakan jasa transportasi atau travel yang terpercaya, seperti Daytrans Travel. Jangan tergiur dengan tawaran harga yang terlalu murah dari oknum-oknum yang tidak bisa dipercaya.

5. Ikuti Petunjuk Turis yang Tersedia

Ikuti petunjuk turis yang tersedia di tempat tujuan yang ingin kamu kunjungi. Ini akan membantumu untuk menghindari tempat-tempat yang tidak aman dan menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

6. Hindari Minum Air Mentah

Saat melakukan traveling perjalanan jauh, selalu hindari minum air mentah. Gunakan air mineral atau air kemasan yang terjamin kebersihannya.

Ini akan mengurangi risiko demam dan penyakit yang disebabkan oleh air yang tidak steril. Berhati-hatilah dengan makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Jangan makan atau minum sesuatu yang tidak dikenal atau tidak terjamin kebersihannya. Selain itu, hindari membeli makanan dari pedagang yang tidak terlihat higienis atau tidak memiliki izin usaha.

7. Selalu Waspada dengan Lingkungan Sekitar

Selalu waspada dengan lingkungan sekitarmu saat traveling ke perjalanan yang jauh dan melelahkan. Jangan membawa barang-barang yang terlalu berharga dan hindari mengambil risiko yang tidak perlu.

Selalu bawa telepon genggam dan powerbank untuk tetap terhubung dengan orang terdekat jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Jangan lupa, selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan. Bawalah tisu basah, hand sanitizer, dan masker saat bepergian. Gunakan alat-alat tersebut sesuai kebutuhan dan jaga kebersihan diri serta lingkungan selama perjalanan.

8. Jangan Terlalu Terbuka dengan Orang Asing yang Menawarkan Bantuan

Jika ada orang yang menawarkan bantuan, terutama di negara yang tidak kamu kenal, jangan terlalu percaya dan jangan terlalu terbuka. Jika memang membutuhkan bantuan, carilah bantuan dari orang yang terpercaya atau dari lembaga yang resmi.

9. Istirahat yang Cukup Sebelum Bepergian

Sebelum kamu hendak bepergian dengan jarak yang jauh dan cukup melelahkan, maka hal penting yang harus kamu lakukan adalah dengan istirahat yang cukup.

Sebab, nantinya kamu akan merasa sangat lelah dan sibuk ketika sudah ditempat tujuan. Agar kamu tetap bisa beristirahat dengan cukup dan nyaman maka kamu harus menyiapkan semua perlengkapan kebutuhan traveling dari jauh-jauh hari.

Cobalah untuk packing pakaian atau segalah kebutuhan 1 minggu sebelum kamu berangkat traveling. Cara ini dilakukan agar barang bawaanmu tidak ada yang tertinggal dan kamu pun bisa beristirahat dengan nyaman.

10. Jangan Mengambil Risiko yang Tidak Perlu

Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berisiko atau tidak aman, seperti memecahkan larangan atau mengambil jalan yang tidak terlalu aman. Selalu pertimbangkan keamanan diri sendiri dan orang lain sebelum melakukan sesuatu.

Itu dia berbagai tips traveling perjalanan jauh yang perlu kamu lakukan agar liburanmu terasa lebih aman, nyaman, dan menyenangkan. Kalau kamu sudah memiliki rencana dan jadwal untuk traveling perjalanan yang jauh, pesanlah tiket pesawat, kereta api, akomodasi, hingga jasa travel di Traveloka.

Tak hanya tiket akomodasi, kamu pun bisa memesan atau booking penginapan dengan harga yang ramah di kantong melalui Traveloka. Bersama Traveloka, liburanmu sudah dipastikan akan lebih seru dan menyenangkan!