Kesehatan

5 Makanan yang Bagus Dikonsumsi Saat Flu

Selain pandemi virus corona yang belum juga berakhir, kita juga harus waspada pada penyakit-penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan tiba. Dari mulai flu, radang tenggorokan, batuk, pilek, diare, malaria, demam berdarah, hingga tipes.

Namun, jika terlanjur mengalami flu, dan sudah mendapatkan penanganan dokter alias sudah memiliki obatnya, maka langkah selanjutnya adalah, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang baik dikonsumsi saat flu.

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Flu

Nah, berikut ini adalah 5 makanan yang bagus dikonsumsi saat kamu ataupun orang tersayang di sekitar kamu mengalami flu.

1. Sup Ayam

Apakah kamu merupakan pencinta makanan dari olahan ayam? Jika begitu, cobalah untuk mengonsumsi sup ayam ketika sedang terkena flu. Sebab, sup yang satu ini tergolong ke dalam makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Seperti yang kita ketahui, ayam potong mengandung zat besi dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu, lengkapi sup tersebut dengan sayuran bervitamin sepertiĀ  wortel, rempah, dan seledri.

Dengan memakan sup ayam sepanjang flu, badan akan terhidrasi dengan baik dan perut terasa kenyang.

2. Kaldu

Jika kamu kurang suka dengan sup ayam, maka cobalah untuk mengonsumsi kaldunya saja. Baik itu kaldu ayam, daging sapi, atau sayur. Ketiganya merupakan tipe makanan yang bagus untuk dimakan ketika kita menderita flu.

Cobalah untuk segera mengonsumsinya ketika tanda-tanda flu mulai menyerang atau badan terasa sangat tidak enak. Konsumsi hingga kamu merasa lebih baik atau mendekati tanda-tanda kesembuhan.

Kaldu bisa menolong kita terhindar dari dehidrasi, dan rasa hangatnya pun bisa turut membantu meredakan sakit tenggorokan dan hidung mampet.

3. Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C ialah gizi penting untuk menolong tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh, yang perlu saat kamu jatuh sakit. Meskipun suplemen bisa menolong, badan sanggup meresap gizi seperti vitamin C lebih efisien dari makanan yang dimakan. Coba buah seperti jeruk, strobery, atau tomat untuk jadi cemilan sehat waktu diserang flu.

4. Sayuran Hijau

Bayam, kangkung, dan sayur hijau yang lain sanggup tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh waktu kamu diserang flu. Sayur hijau mempunyai vitamin C dan vitamin E, selaku gizi menambah kebal yang lain. Satukan sayur berdaun hijau dengan buah dalam smoothie, atau mengkonsumsinya mentah dengan perasan lemon dan minyak zaitun. Yakinkan untuk mengkonsumsinya selama kamu sakit.

Brokoli ialah pembangkit tenaga dengan nutrisi yang memberi faedah untuk badan saat kamu diserang flu. Makan satu jatah saja memberi vitamin C dan E yang efisien tingkatkan ketahanan tubuh, bersama-sama dengan kalsium dan serat. Coba makan brokoli saat nafsu makan kembali lagi atau waktu flu selekasnya usai. Kamu dapat makan sup brokoli, tetapi yakinkan untuk menambah garam sekedarnya saja.

5. Yogurt

Yogurt bukan hanya menolong menurunkan sakit kerongkongan, tetapi sanggup tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh semestinya bawang putih. Kamu dapat makan yogurt waktu kerongkongan sakit, tapi yakinkan untuk pilih yogurt utuh tiada gula tambahan.

Minuman Hangat dan Membantu Sembuhkan Flu

Mendekati akhir flu, kamu kemungkinan alami kenaikan sinus dan dada merasa berat. Rempah-rempah spesifik, seperti lada, cengkeh, dan jahe, menolong merusak merasa tidak nyaman hingga kamu dapat bernapas lebih bagus. Tetapi, jauhi makanan pedas waktu kamu rasakan sakit kerongkongan.

Sepanjang flu, kamu dengan gampang alami dehidrasi. Kamu bukan hanya makan semakin sedikit, dan juga makin malas untuk minum. Minimnya konsumsi air dapat mencelakakan badan. Ditambah lagi saat demam yang mengakibatkan air di badan raib karena keringat. Bila kamu kurang senang sama air putih, kamu dapat memperoleh air dari tipe sumber, misalnya:

Teh jahe;

Teh herbal dengan madu;

Madu dan teh lemon (campur sisi yang serupa sama air panas);

Juice.

Itu beberapa macam makanan yang bagus dikonsumsi saat terkena flu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *