review aplikasi blu

Sejak pandemi saya jadi lebih aware soal mengelola keuangan dan membuat anggaran. Apalagi saya tipe orang yang banyak maunya dan senang jalan-jalan. Jadi, penghasilan dari jualan online harus dikelola dengan baik. Nah, tahun lalu, saya dapat rekomendasi dari adik ipar untuk menggunakan aplikasi blu by BCA Digital. Yang akhirnya mendorong saya untuk melakukan review aplikasi blu di sini karena fitur bluRewards di dalamnya bikin saya untung.

Iya bener banget, saya juga ingin orang lain bisa merasakan betapa mudah dan amannya mengelola keuangan di aplikasi blu. Jadi, yuk simak cerita saya sampai akhir.

Berkenalan dengan Aplikasi blu by BCA Digital

blu adalah aplikasi bank digital atau mobile banking dari BCA Digital. blu ini cocok buat generasi muda atau next generation, termasuk kaum rebahan. Iya, soalnya pendaftaran bluAccount dilakukan secara online dan tidak ada minimal deposit atau setoran di awal. Anak muda banget, ya kan? Aplikasi yang satu ini resmi dirilis pada bulan Juli 2021.

Aplikasi blu by BCA Digital memang didesain dan dikembangkan untuk memudahkan generasi milenial yang digital savvy. Jadi, bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui smartphone. Lantas, apakah BCA Digital ini sama dengan BCA konvensional yang punya mobile banking BCA juga?

review aplikasi blu dari BCA Digital yang ada blureferral dan bluRewards

Tentu saja berbeda. Apa perbedaannya? BCA Digital bisa dikatakan merupakan bagian dari BCA Group. Jika Bank BCA mempunyai kantor offline, maka BCA Digital bersifat branchless atau platform perbankan yang tidak memiliki kantor secara fisik. Dengan kata lain semuanya berjalan serba digital.

Meski berjalan secara digital, namun kamu tidak perlu khawatir terkait sistem keamanannya. Tahu sendiri kan, kalau soal sistem keamanan, BCA Group ini udah pengalaman banget. Selain itu, BCA Digital juga punya layanan call center BCA Digital dan haloblu melayani selama 24 jam. Mulai dari kesulitan pelanggan hingga informasi umum lainnya.

Cara Buka Rekening BCA Digital

Mendaftar blu by BCA Digital tak harus menjadi nasabah BCA. Ya, kamu bisa memilih bukan nasabah BCA. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara buka rekening blu dari BCA Digital:

  1. Download aplikasi blu melalui smartphone kamu, dengan menyesuaikan sistem operasinya. Ada aplikasi blu untuk iOS atau aplikasi blu untuk Android.
  2. Kemudian install aplikasi blu.
  3. Siapkan KTP dan *NPWP kamu (bila ada).
  4. Ikuti semua step dengan lengkap dan baik, hingga tahapan foto KTP.
  5. Jangan lupa masukkan kode referral DEWISCFOL supaya kamu dan saya sama-sama dapat hadiah 250 ribu rupiah jika berhasil mengajak 10 teman untuk memasukkan referral kamu. Tapi ingat, kamu juga harus top up sebesar 250 ribu rupiah supaya bonus referralnya masuk ya. Promo ini berlangsung hingga 31 Maret 2022
  6. Ketika KTP sudah Anda foto dengan baik, data akan otomatis terisi sesuai data yang ada pada KTP
  7. Akan ada pertanyaan “Apakah kamu nasabah BCA?”, pilih ya jika iya. Bila bukan nasabah BCA, kamu bisa memilih bukan nasabah. Jika nasabah, kamu bisa melewati form isian data pekerjaan.
  8. Isi data pekerjaan dan masukkan Nama Ibu kandung. Ingat, harus sesuai kartu keluarga.
  9. Setelah semua selesai. Jangan lupa melakukan video call dengan tim haloblu untuk proses verifikasi. Sebelum melakukan panggilan video, pastikan jaringan internet di smartphone stabil agar proses verifikasinya lancar.
  10. Setelahnya tunggu paling lama 1×24 jam agar petugas dapat mengaktifkan akun yang kamu buat. Berdasarkan pengalaman saya dan adik ipar, dalam 15-30 menit juga sudah aktif nomor rekening BCA Digital aka blu-nya.
  11. Langkah terakhir, lakukanlah verifikasi e-mail supaya semakin aman.

pakai kode referral di aplikasi blu by BCA Digital

Review Aplikasi blu dari BCA Digital

Okey, lets go, mari saya bisikkan fitur apa saja yang membuat saya jatuh cinta dengan layanan mobile banking blu dari BCA Digital.

Fitur yang Ada di App blu

bluAccount

Sebagai platform perbankan next generation, fitur bluAccount adalah akun utama dari aplikasi blu. Dengan kata lain bluAccount mencakup keseluruhan informasi dalam rekening blu kamu. Lebih sederhananya lagi, bluAccount adalah halaman depan atau dashboard semua aktivitas dan fasilitas yang ada dalam aplikasi blu by BCA Digital.

bluSaving

Merasa membagi-bagi uang melalui metode amplop cash kurang efektif? Kalau begitu, kamu bisa banget menggunakan fitur bluSaving. Di bluSaving, kita bisa membuat hingga 10 pos tabungan berbeda dengan tujuan yang berbeda-beda pula. Bisa disesuaikan dengan rencana dan anggaran masing-masing tabungan.

Uniknya, kamu bisa memberi nama yang berbeda, setting jangka waktu pencapaian, hingga debit otomatis dari saldo bluAccount lho. Kayak saya misalnya yang bikin pos tabungan buat traveling, sekolah anak, dan lainnya. Lebih menyenangkannya lagi, kamu bisa mendapatkan tambahan bunga yang diakumulasikan setiap akhir bulan lho. Yup, jadi bukannya berkurang malah bertambah kalau pakai app blu. blu bebas biaya admin!

fitur bluRewards di aplikasi blu

bluGether

Suka patungan buat beli kado atau arisan rutin buibu? Ah kalau gitu sekarang dari jarak jauh pun bisa dilakukan melalui bluGether. bluGether ini adalah fitur paling unik. Pada fitur ini kamu dapat membuka rekening bersama alias menabung dengan beberapa orang sekaligus.

Kamu yang membuka rekening bluGether disebut Creator. Sementara orang yang diajak dalam rekening bluGether disebut member. Fitur bluGether ini dibuat sangat transparan. Baik untuk creator maupun para membernya.

bluDeposit

Punya uang nganggur eh maksudnya tidak dipakai dalam waktu dekat? Kalau gitu, lebih baik di depositokan lewat fitur bluDeposit. Kamu bisa memilih tenor sendiri dan sistem bluDeposit. Nominalnya bisa di top up. Ada notifikasi diberikan waktu hingga tanggal sekian untuk top up.

Melalui bluDeposit, kamu bisa mendepositokan uang minimal 1 juta. Tenornya beragam, mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Sistemnya pun ada tiga, non-ARO, ARO, dan ARO+. Untuk bunganya berbeda-beda. Jika nominal 1 juta hingga 10 juta kurang 1 rupiah adalah 3,5 %. Sementara 10 juta hingga 100 juta kurang 1 rupiah, 3,75%. Sementara lebih dari 100 juta diberikan bungan 4%. Pencairan tanpa penalti jika sebelum jatuh tempo.

Tracker

Untuk kamu yang butuh laporan keuangan bulanan yang rapi. blu punya sistem tracker yang siap membantu mencatat pengeluaran, pemasukkan, hingga bunga tabungan yang didapatkan lho.

Transaksi Digital

blu cuma bisa buat nabung aja? Ah tentu saja tidak. Aplikasi blu bisa digunakan untuk bertransaksi digital. Mulai dari transfer, top up, beli pulsa, tarik tunai melalui ATM BCA di seluruh Indonesia. Kemudian setor tunai, transaksi QRIS, bayar virtual account BCA, dan memberi hadiah melalui bluGift.

Uniknya, transaksi digital untuk transfer ke BCA tidak dikenakan biaya. Begitupun untuk transfer antar bank dan top up e-wallet. Eh kok bisa? Soalnya ada fitur bluRewards.

Fitur bluRewards untuk Bebas Biaya Transfer ke Bank Lain

Bebas biaya transfer ke bank lain dan top up uang elektronik adalah kesenanganku. Yup, fee transfernya jadi bisa ditabung dong. Untuk kamu pengguna baru maupun sobatblu yang setia seperti saya. Eh iya, serius sejak tahun lalu jadi tidak bisa lepas dari blu. Sayang banget sama bank digital yang satu ini.

Jadi, apa itu bluRewards? Fitur bluRewards adalah program dari BCA Digital yang bikin nasabah blu bebas bertransaksi tanpa biaya. Untuk nasabah baru akan otomatis mendapatkan bluRewards ini ketika selesai melakukan pendaftaran dan verifikasi akun di 2 bulan pertama. Jadi 1 bulan pada saat pendaftaran dan bulan berikutnya.

Bebas biaya transfer ke bank lain kalau pakai fitur bluRewards

Gimana dengan sobatblu yang setia? Calm, aplikasi blu by BCA Digital juga memberikan bluRewards yang jumlahnya sama. Syaratnya aja yang sedikit berbeda. Setelah 2 bulan pertama, pastikan kamu memiliki saldo minimal 1 juta sebelum melaju ke bulan ke 3. Akumulasi saldonya ini tak terbatas pada bluAccount saja, bluSaving, bluGether, dan bluDeposit juga termasuk di dalamnya.

Kelebihan Menggunakan Fitur bluRewards

  • 20x bebas biaya transfer ke bank lain
  • 5x bebas biaya top up GoPay
  • 5x bebas biaya top up OVO (dalam bentuk cashback)
  • 2x cashback QRIS 50% maks. Rp 5 ribu /transaksi

Kalau ditotalkan bisa dapat 157.500 rupiah lho. Bikin untung kan, bisa ditabung fee transfer antar bank sama top up-top up GoPay dan OVO nya. Eh ya untuk transfer ke BCA Digital (rekening blu) dari BCA juga gratis lho.

Perlu diketahui, fitur bluRewards ini sistemnya potong dulu dari saldo bluAccount. Jadi, pastikan kamu memiliki saldo yang nominalnya cukup untuk ditransfer dan cukup bayar fee transfer atau top upnya.

Dengan semangat blu yang sejalan dengan anak muda zaman now. blu melalui Mulai Langkahmu turut mensuport hobi anak muda yang negtren saat ini lho. Ya, blu membuat program Beat The Best by blu yang bekerja sama dengan Kincir.com untuk mewadahi para pejuang solo ranked Mobile Legends di Indonesia bisa merasakan jadi pro player. Kemudian bisa bermain bersama tim.

Tidak tanggung-tanggung, Beat the Best by blu juga punya coach sekaligus tim UTTA yang merupakan bintang Mobile Legends populer. Nah, itulah review aplikasi blu dan fitur bluRewards dari saya. Semoga bermanfaat untuk kamu!