Kesehatan

6 Makanan untuk Memperlancar BAB yang Mudah Didapatkan

Mengalami sembelit itu sama halnya dengan terkena diare, sama-sama tidak enak, apalagi kalau mengalaminya saat traveling dan harus mendapatkan penanganan khusus dari ahlinya, petugas kesehatan atau dokter jika kondisi tak kunjung membaik. Maka dari itu, saya lebih senang jika menghindari keduanya sebisa mungkin.

Nah, untuk kamu yang memiliki masalah susah buang air besar atau BAB, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang 6 makanan untuk memperlancar BAB. Tentunya makanan yang sudah pernah saya konsumsi dan mudah mendapatkannya.

Ini Lho Penyebab Susah BAB

Sebelum membahas makanan, sebaiknya kita kenalan dulu yuk kapan sih kita dikatakan terkena sembelit atau susah BAB. Mengenai buang air besar sendiri, setiap orang memiliki intensitas yang berbeda. Ada yang setiap hari, bahkan 2 kali sehari. Ada juga yang 2 hari sekali, atau 3 hari baru BAB.

Saya sendiri seringnya sampai 3 hari baru deh buang air besar, dan masih normal. Sementara untuk dikatakan sembelit itu jika melebihi 3 hari, di mana feses atau tinja semakin padat dan sulit untuk dikeluarkan. Saya pernah lho sampai seminggu tak BAB, akhirnya minum obat pencahar dan kapok.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Dari pengalaman kurang menyenangkan tersebut, akhirnya saya mencari tahu penyebab sembelit itu apa saja. Supaya ke depannya bisa melakukan pencegahan. Jadi, faktor yang melatar belakangi susah BAB yang saya temukan ini cukup banyak. Mulai dari kurang minum air putih, kurang olahraga, dan jarang makan makanan berserat.

Saya yang mana? Sudah jelas jarang berolahraga atau beraktivitas fisik, kemudian jarang makan makanan sehat dan berserat, saat jadi anak kost makanannya lebih sering yang praktis, atau instan.

Deretan Makanan untuk Memperlancar BAB

Makanan untuk menghindarkan kita dari kesulitan buang air besar ini sebenarnya mudah ditemukan, dan harganya pun terjangkau. Bahkan kalau punya lahan sendiri bisa mencoba untuk menanamnya. Tidak jauh dari makanan sehat seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dan makanan hasil fermentasi berikut ini!

    1. Yogurt

      Yogurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi oleh bakteri baik. Yogurt termasuk sebagai makanan super atau super food yang membantu melancarkan pencernaan serta kesehatan usus. Namun juga mengandung kalsium, protein, dan bakteri baik.

      Produk Yogurt yang umumnya beredar bebas di pasaran dan mudah ditemukan adalah yogurt biasa, greek yogurt, yogurt rendah lemak bahkan non lemak, serta yogurt bebas laktosa. Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu pun bisa menambahkan potongan buah dan biji-bijian sebagai campurannya.

      Yogurt Makanan untuk Memperlancar BAB

      Menariknya, walaupun yogurt terbuat dari susu, namun dia termasuk makanan yang tidak menyebabkan alergi.

    2. Apel

      Selain enak, buah apel yang berwarna merah nyatanya mengandung banyak serat, baik serat yang larut air maupun sebaliknya. Dalam 1 apel berukuran sedang mengandung 4,4 gram serat. Selain membantu melancarkan pencernaan, buah apel pun bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama lho.

    3. Brokoli dan Bayam

      Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam nyatanya tak hanya baik dikonsumsi saat flu, namun juga baik untuk pencernaan kita. Mengapa begitu? Sebab, pada kedua sayuran hijau tersebut tak hanya mengandung vitamin maupun zat besi, tapi juga mengandung serat.

      Agar lebih enak untuk dikonsumsi, kamu bisa menjadikan brokoli sebagai sup, bayam menjadi sayur bayam, ataupun brokolinya ditumis dan dijadikan cah.

    4. Pepaya

      Buah berwarna oranye ini tak hanya enak dijadikan sebagai camilan yang memberikan rasa dingin saat masuk ke perut, namun juga bisa melancarkan BAB lho. Kok bisa ya? Bisa dong, karena Pepaya memiliki enzim papain paling tinggi saat buahnya matang.

      Jadi, enzim tersebut bisa membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh dengan baik. Selain itu, buah pepaya pun termasuk sumber zat fermentasi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, jangan berlebihan juga saat mengonsumsinya ya, soalnya bisa mengakibatkan diare.

      Makanan untuk Memperlancar BAB - Pepaya

    5. Labu

      Ada dua jenis labu yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, termasuk keluarga saya di rumah. Yang pertama adalah labu kuning yang jadi ikon haloween, dan labu hijau. Kedua labu tersebut tenyata merupakan makanan untuk memperlancar BAB.

      Jadi, baik labu kuning ataupun labu siam yang kaya akan kandungan air ini pun ternyata mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kemudian kandungan kalori dan lemaknya pun rendah. Lebih menyenangkannya lagi, kedua jenis sayuran ini bisa dibeli dengan harga terjangkau dan diolah menjadi berbagai jenis makanan.

      Makanan untuk Memperlancar BAB - Ubi

    6. Ubi

      Kamu mungkin sering atau pernah mendengar kalimat peringatan “jangan terlalu banyak makan ubi, nanti sering kentut!” Saya sih sering, kedua orang tua saya biasanya yang bilang begitu. Tapi memang kenyataannya sih, kalau habis makan ubi jalar itu, terutama ubi rebus, intensitas buang angin jadi lebih sering.

      Jadi, ternyata dalam ubi itu mengandung pati yang sulit dicerna sehingga menimbulkan pertumbuhan bakteri yang membuat produksi gas berlebih. Tapi, di sisi lain ubi pun mengandung serat yang baik untuk pencernaan, vitamin, dan mineral, sehingga bisa menghindari ataupun mengatasi masalah sembelit.

Selain 6 makanan di atas, masih banyak lagi lho makanan lain untuk melancarkan pencernaan yang tak kalah lezatnya. Seperti buah pir, kiwi, pisang, kacang-kacangan seperti almond, kedelai, dan kacang. Juga biji-bijian.

Nah, itulah 6 makanan untuk melancarkan BAB yang bisa kamu coba sendiri khasiatnya. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup agar usus lebih mudah memproses makanan, dan berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *